Laman

Translate

Minggu, 18 Februari 2024

AKTIVITAS KEBUGARAN UNTUK KESEHATAN


 AKTIVITAS KEBUGARAN UNTUK KESEHATAN

Tubuh yang sehat dan kuat diperlukan bagi semua orang. Oleh karena itu, perlu melakukan yang namanya aktivitas fisik untuk senantiasa menjaga kebugaran tubuh. Aktivitas fisik adalah gerakan tubuh yang secara sadar dilakukan oleh otot rangka dan membutuhkan adanya pengeluaran energi. Aktivitas fisik yang dilakukan secara teratur dapat membawa manfaat bagi tubuh.

Contoh aktivitas fisik yang bisa dilakukan yaitu, berolahraga, bersepeda, berlari, berjalan, dan kardio. Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, aktivitas fisik juga bermanfaat bagi kebugaran jasmani. Kira-kira apa itu kebugaran jasmani? Apa faktor, manfaat, dan unsur dari kebugaran jasmani? Lalu, contohnya apa saja latihan untuk kebugaran jasmani? Nah untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, simak penjelasannya di bawah ini.


  • Pengertian Kebugaran Jasmani

kebugaran jasmani adalah kemampuan atau kesanggupan tubuh dalam menjalankan aktivitas sehari-hari tanpa kelelahan yang berlebih dan mempunyai cadangan tenaga untuk menikmati waktu luang serta menyiapkan diri untuk kegiatan darurat.

  • Faktor yang Mempengaruhi Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani memiliki peranan penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh dalam memaksimalkan kegiatan. Kebugaran jasmani dipengaruhi oleh beberapa faktor. Berikut ini 3 faktor yang mempengaruhi kebugaran jasmani yang dikutip melalui buku berjudul Model-Model Exercise dan Aktivitas Fisik (2020).

1. Makanan Bergizi

Makanan merupakan faktor yang mempengaruhi kebugaran jasmani. Makan harus dilakukan dengan cukup dan tidak berlebihan, baik secara kuantitas, maupun kualitas. Makanan yang baik bagi tubuh yaitu makanan yang mengandung cukup nutrisi, seperti lemak, protein, mineral, karbohidrat, dan air. Dengan masing-masing komposisinya itu, protein 15%, lemak 20%, dan karbohidrat 60%.

2. Pola Hidup Sehat

Selain memperhatikan makanan yang dikonsumsi, memiliki pola hidup sehat juga berpengaruh pada kebugaran jasmani. Pola hidup sehat yang perlu dilakukan yaitu, tidak merokok, tidak minum minuman yang beralkohol, tidak makan secara berlebihan, dan istirahat yang cukup. Istirahat penting untuk dilakukan agar tubuh mempunyai kesempatan untuk melakukan pemulihan, sehingga aktivitas pun dapat dilakukan dengan nyaman. Untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, dibutuhkan setidaknya 7-8 jam per harinya.

3. Olahraga

Olahraga menjadi salah satu kegiatan yang terbilang cukup efektif untuk mendapatkan kebugaran jasmani. Hal ini dikarenakan, olahraga memiliki beberapa manfaat, seperti:


  • Manfaat fisik: Meningkatkan komponen kebugaran.

  • Manfaat psikis: Tahan dalam menghadapi stress dan lebih mudah berkonsentrasi.

  • Manfaat sosial: Menambah rasa percaya diri dan meningkatkan interaksi.


  • Unsur Kebugaran Jasmani

Mengutip melalui buku berjudul Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (2007) ada 8 unsur-unsur dalam kebugaran jasmani. Berikut ini unsur-unsurnya:


1. Kekuatan (strength)

Kekuatan adalah kemampuan tubuh dalam menerapkan gaya secara maksimal dengan menggunakan otot. Kekuatan adalah salah satu dari komponen biomotorik yang menjadi dasar bagi seseorang dalam melakukan berbagai gerakan. Bisa diartikan bahwa kekuatan adalah kemampuan menggunakan otot tubuh dalam menerima beban untuk dapat bekerja secara maksimal. Kekuatan merupakan salah satu hal penting untuk meningkatkan daya gerakan ketika melakukan aktivitas fisik.


2. Daya Tahan (endurance)

Daya tahan adalah sebuah kemampuan guna menjalankan aktivitas dalam jangka waktu lama tanpa merasakan kelelahan yang berarti. Daya tahan digolongkan menjadi dua jenis, yaitu daya tahan umum dan daya tahan otot.


3. Kecepatan (speed)

Kecepatan adalah kemampuan tubuh dalam melakukan gerakan atau aktivitas dalam waktu yang relatif singkat. Kecepatan bisa diartikan juga sebagai kemampuan dalam menempuh jarak tertentu atau berpindah tempat dengan cepat untuk waktu yang singkat. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kecepatan yaitu, waktu, keturunan, teknik, reaksi, kemauan, dan lain sebagainya.


4. Kelentukan (flexibility)

Kelentukan adalah kemampuan anggota gerak tubuh dalam melakukan gerakan pada beberapa sendi yang dimiliki. Untuk memperoleh kelenturan, ada beberapa latihan yang bisa dilakukan, salah satunya adalah latihan peregangan. Peregangan dibedakan menjadi 3 yaitu peregangan dinamik, statik, dan pasif.


5. Keseimbangan (balance)

Keseimbangan adalah kemampuan tubuh dalam melakukan aktivitas pada setiap perubahan posisi tubuh, dimana tubuh masih dalam keadaan yang terkendali dan stabil. Komponen dalam keseimbangan terdiri dari komponen dinamik dan statik.


6. Daya Ledak (power)

Daya ledak adalah kemampuan tubuh dalam mengerahkan kekuatannya secara maksimal untuk waktu yang sangat cepat. Atau dengan kata lain, kekuatan adalh kemampuan dalam menjalankan aktivitas secara tiba-tiba dengan mengerahkan segala kekuatan yang ada untuk waktu yang singkat.


7. Kelincahan (agility)

Kelincahan adalah kemampuan tubuh dalam dalam mengubah arah gerakan secara mendadak dengan kecepatan tinggi. Komponen dari kelincahan adalah koordinasi dan kecepatan.


8. Koordinasi (coordination)

Koordinasi adalah kemampuan tubuh dalam mengintegrasikan gerakan yang berbeda-beda menjadi sebuah gerakan yang efektif dan harmonis. Sederhananya, koordinasi adalah kemampuan otot dalam bekerja sama sehingga menghasilkan gerakan yang selaras.



  • Manfaat Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani memiliki beragam manfaat yang baik bagi tubuh. Dengan melakukan banyak olahraga dan latihan maka tubuh menjadi lebih kuat, lincah, lentur, seimbang, dan cepat dalam menjalankan setiap aktivitas yang ada. Kebugaran jasmani selain memberikan manfaat pada fisik, juga memberikan manfaat yang baik pada kesehatan mental kita. Berikut ini manfaat dari kebugaran jasmani.


Manfaat Kebugaran Jasmani untuk Kesehatan Fisik

  • Menjaga kesehatan tulang, otot, dan sendi

  • Berat badan menjadi ideal

  • Sistem sirkulasi darah dan kadar kolesterol terjaga

  • Meningkatkan sistem kinerja jantung dan sirkulasi darah

  • Mengontrol kadar gula

  • Mengurangi terjadinya resiko penyakit kronis, seperti diabetes dan serangan jantung

  • Tubuh memiliki kemampuan pemulihan yang cepat.

Manfaat Kebugaran Jasmani untuk Kesehatan Psikis

  • Mengatasi rasa depresi

  • Mengurangi rasa stress berlebih

  • Suasana hati menjadi membaik

  • Tidur menjadi lebih rileks

  • Memiliki kualitas tidur yang baik


  • Dampak dari kurangnya kebugaran jasmani

kurang baiknya kebugaran jasmani seseorang akan berdampak pada kualitas hidup orang itu sendiri, untuk lebih memahami simak video berikut ini untuk mengetahui lebih jelas dampak yang ditimbulkan dari kurangnya kebugaran jasmani seseorang:




Tidak ada komentar:

Posting Komentar